Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
Mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills):
- Memahami proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan
bisnis di dunia kerja; - Memahami perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu terkini
dalam manajemen perkantoran dan layanan bisnis; - Memahami profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang
usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis; - Menerapkan teknik dasar aktivitas perkantoran di bidang
manajemen perkantoran dan layanan bisnis; - Mengelola dokumen berbasis digital;
- Menggunakan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran;
- Mengelola sistem informasi dan komunikasi organisasi;
- Memberikan layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan.
Strategi Pembelajaran
Untuk menumbuhkan passion (rencana) dan vision (visi), imajinasi
dan kreativitas serta meningkatkan kompetensi peserta didik, proses
pembelajaran dapat dilakukan melalui:
DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS UNTUK SMK
- pembelajaran di dalam kelas;
- pembelajaran di tempat kerja;
- kegiatan berbasis projek;
- kunjungan industri;
- interaksi dengan alumni, guru tamu dari praktisi kantor/layanan
bisnis; dan - pencarian informasi melalui media digital.
Tahap internalisasi wawasan serta soft skills ini membutuhkan porsi dominan (sekitar 75%) dari waktu yang tersedia di kelas X,
sebelum mempelajari aspek hard skills yang lebih spesifik. Melalui penguatan soft skills diharapkan peserta didik memiliki passion dan vision yang kuat sebagai modal memasuki dunia kerja pada jenis pekerjaan, antara lain: staf administrasi, resepsionis, asisten arsiparis, layanan pelanggan, asisten sekretaris, dan sebagai tenaga operator junior di bidang komputer/otomatisasi perkantoran.