PELAKSANAAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024 DI SMKN 1 CIDAUN
Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) yang semula bernama penilaian akhir semester dalam kurikulum 2013 merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada tiap semester. PSAS adalah salah satu bentuk asesmen yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian Alur TujuanPembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dijalani oleh peserta didik selama satu semester/enam bulan. Sumatif akhir semester sendiri biasanya digunakan oleh guru sebagai dasar untuk mengukur kemampuan kognitif mata pelajaran yang akan dibagikan hasilnya saat pembagian rapor.
Tujuan dari asesmen sumatif adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini mencakup evaluasi terhadap pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterampilan yang dikuasai, dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Dengan menyelenggarakan asesmen sumatif pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir satu materi, guru dapat mengukur secara sistematis sejauh mana siswa telah berkembang dalam proses belajar mereka.
Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) di SMKN 1 Cidaun dilaksanakan dalam dua tahap. Penilaian ranah pengetahuan pada Sumatif Akhir Semester dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 03 Juni 2024 sampai dengan Hari Kamis, tanggal 06 Juni 2024. Sedangkan penilaian ranah keterampilan Sumatif Akhir Semester dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2024 hingga tanggal 14 Juni 2024. Kegiatan Sumatif Akhir Semester ini diikuti oleh siswa dari kelas X dan XI yang berasal dari berbagai jurusan seperti Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), Nautika Kapal Penangkapan Ikan (NKPI), dan Agribisnis Perikanan (AP).
Pengerjaan pada sumatif akhir semester di SMKN 1 Cidaun ini menggunakan sistem berbasis internet, hal ini merupakan bentuk penerapan teknologi dalam pendidikan. Dengan berbasis internet, siswa diharapkan dapat mengerjakan soal dengan lebih mudah dan cepat sehingga dapat lebih mengefesiensikan waktu, dan hasil ujian pun dapat diproses dengan lebih cepat.
